Top Ads

Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style6

Pada artikel yang terdahulu kita sudah membahas mengenai Kota Barabai, desa Barikin dan tempat wisata Lok Laga. Pada bagian ini akan kita lanjutkan jalan-jalan kita di Bumi Murakata. Selain yang telah disebutkan, ada lagi yang bisa kita temui di daerah ini.

Air Terjun Rampah Sungai Karuh

Air Terjun Rampah Sungai Karuh merupakan air terjun ternama khususnya di kalangan para penggiat alam. Hal ini disebabkan untuk menuju lokasi tersebut bisa memakan waktu 8 jam perjalanan. Rampah Sungai Karuh terletak di lereng Puncak Halau-Halau. Ketinggian air terjun ini berkisar sekitar 250 meter hingga ke bawah. Air terjun Rampah Sungai Karuh memiliki struktur kemiringan sekitar 75 derajat vertical.

Air Terjun Rampah Salasih

Air terjun Rampah Sulasih memiliki jalur perjalanan yang hampir sama menuju air terjun Rampah Sungai Karuh. Jalur menuju ke Rampah Sulasih lebih pendek dari Rampah Sungai Karuh. Jika perjalanan standar akan memakan waktu sekitar 2-3 jam perjalanan.

Pagat, Batu Benawa

Pagat merupakan salah satu tempat wisata alam yang berdekatan dengan kota  Barabai. Pagat ini terletak di kecamatan Batu Benawa. Untuk menuju wilayah ini dari pusat kota memakan waktu kurang lebih 15-20 menit perjalanan. Di lokasi wisata alam Pagat, pengunjung bisa menikmati kesejukan udara alami, mandi di sungai yang airnya jernih, dan melihat pemandangan sekitar wilayah pagat dan Barabai lewat puncak Sarigading.

Puncak Halau-Halau

Pegunungan Meratus yang ada di Kalimantan Selatan memiliki puncak tertinggi yaitu di Gunung Besar. Puncak ini disebut dengan Halau-halau. Keasrian alam yang dimilikinya merupakan nilai plus bagi pengunjung untuk menikmati dan melestarikannya. Puncak Halau-halau menjadi tujuan wisata populer terutama yang suka berkegiatan di alam bebas seperti berkemah dan fotografi flora-fauna. Untuk mencapai puncak mesti berjalan kaki dari desa terakhir yaitu Hinas Kiri. Perdakian ini normalnya memerlukan waktu sekitar 2 hari perjalanan. Walaupun cukup memakan waktu, namun para pendaki selama diperjalanan akan disuguhi air terjun yaitu Rampah Sungai Karuh.

Bersambung ... Jalan Jalan ke Bumi Murakata

About Bang Yoes

Kehidupan yang sederhana dan hidup di daerah kota kecil tempat yang menyenangkan penuh kedamaian. Tak punya banyak kekayaan harta, tapi ide merupakan yang berharga. Persahabatan merupakan bagian dari wahana mendapatkan ilmu pengetahuan dan pengalaman yang berguna.
«

Next

Newer Post
»
Previous
Older Post

2 comments:


Top