Top Ads

Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style6

Dahulu kala, orang-orang tua sering kali menanam pohon. Sebagian besar tujuannya untuk anak cucu mereka (generasi). menanam pohon merupakan aset yang sangat berharga dalam kehidupan di alam ini. Pola pikir masyarakat dulu sangatlah bijaksana sebabnya mereka tidak hanya memikirkan diri sendiri namun juga memikirkan generasi-generasi mereka, walaupun hasilnya tidak sempat mereka nikmati sendiri.
Photo Original From : http://www.nyunyu.com/events/detail/kurangi-menanam-harapan-banyakin-menanam-pohon

Dari hal ini, kearifan orang dahulu akan alam patut kita berikan penghargaan. Karena mereka juga merupakan pejuang lingkungan dan kemakmuran bangsa. Penghargaan kepada mereka bukan dengan cara memberikan hadiah, bingkisan atau piala. Akan tetapi dengan menjaga dan melestarikan lingkungan hidup tersebut.

Sekarang ini perlu kita tanamkan sama-sama bahwa menanam pohon itu perlu untuk generasi. Maksudnya agar kita tidak menjadi manusia egois yang hanya memikirkan keuntungan pribadi dan golongan saja.

Menanam pohon di waktu sekarang bisa berarti seperti berbuat baik kepada seluruh Alam dan dunia yang termasuk di dalamnya berbuat kebaikan kepada makhluk-makhluk lainnya baik makhluk hidup maupun makhluk tak hidup. Inilah yang perlu kita perjuangkan di waktu-waktu sekarang. Berjuang dan bersaing memberantas para para perusak alam. Perjuangan ini bukan berarti kita perang, namun dengan memberikan contoh, pendidikan, ketauladanan akan cinta kita kepada lingkungan hidup.
Photo Original From : http://astacala.org/2012/12/kondisiku-saat-ini/

Generasi sekarang sangat rentan dengan sikap egois (mementingkan diri sendiri) dan apatis (acuh tak acuh) kepada lingkungan sekitarnya. Banyak faktor yang membentuk kedua hal tersebut. Selain faktor luar (lingkungan dan keadaan) juga faktor dalam (pendidikan dan pemahaman terhadap pentingnya lingkungan hidup).

Pendidikan dan tauladan yang anarkis dan keras untuk menunjukkan cinta kepada alam (lingkungan) tidak lah menghasilkan dampak pendidikan yang lebih baik. Malah hal tersebut bisa memicu ketidak-tertarikan terhadap alam dan para pejuang lingkungan. Pendidikan alam perlu pendekatan yang kreatif, inovatif, interaktif serta menarik.

Oleh karena itu dengan mem-fasilitasi, mengarahkan, membina generasi untuk menanam pohon adalah salah satu cara yang baik. Karena menanam pohon memerlukan proses dan kesabaran hingga pohon bisa berkembang dengan semestinya.

About Bang Yoes

Kehidupan yang sederhana dan hidup di daerah kota kecil tempat yang menyenangkan penuh kedamaian. Tak punya banyak kekayaan harta, tapi ide merupakan yang berharga. Persahabatan merupakan bagian dari wahana mendapatkan ilmu pengetahuan dan pengalaman yang berguna.
«

Next

Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Post a Comment


Top