Top Ads

Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style6

Alam merupakan bagian dari kehidupan di muka bumi. Alam adalah ruang di mana makhluk hidup (manusia, hewan dan tumbuhan) dan tak hidup (air,api, udara dan tanah) tinggal bersama membentuk sebuah jaringan ekosistem yang kompleks (rumit). Setiap elemen keduanya di atas saling terkait satu sama lain dan akan saling mempengaruhi dalam waktu ke waktu.

Original Source : http://nagondrong.net/?attachment_id=120

Setiap waktu apa yang dilakukan manusia lebih besar pengaruhnya dibandingkan apa yang dilakukan makhluk hidup lainnya. Ada kerusakan yang terjadi oleh tangan manusia dan ada perbaikan yang dilakukan pula oleh manusia sebagai wujud penyeimbangan kehidupan di muka bumi. Pertanyaannya adalah apakah sebanding kerusakan dengan perbaikan yang dilakukan ataukah tidak.

Meningkatnya pengetahuan dan kemampuan manusia dari masa ke masa perlu untuk tidak mengesampingkan alam sebagian bagian terpisah dari manusia. Alam mesti menjadi tempat bagi manusia untuk belajar keseimbangan dalam kehidupan. Alam merupakan sumber belajar yang efektif dan nyata sehingga lebih mudah dipahami.

Orginal Source : https://totopribadi.wordpress.com/tag/belajar-bersama-alam
Beberapa tahun belakangan ini, sudah mulai banyak terdapat wahana pendidikan yang dikenal sebagai sekolah alam. Walaupun dalam beberapa teknis pendidikan-nya berbeda, akan tetapi konsep pendidikan dalam sekolah alam di berbagai tempat memiliki kemiripan yaitu belajar di alam. Dengan belajar di alam, maka alam bisa menjadi wadah untuk belajar, media untuk belajar atau sumber belajar yang dinilai lebih interaktif dan menyenangkan oleh peserta didik.


About Bang Yoes

Kehidupan yang sederhana dan hidup di daerah kota kecil tempat yang menyenangkan penuh kedamaian. Tak punya banyak kekayaan harta, tapi ide merupakan yang berharga. Persahabatan merupakan bagian dari wahana mendapatkan ilmu pengetahuan dan pengalaman yang berguna.
«

Next

Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Post a Comment


Top